Jumat, 21 November 2008

Hadiah Olimpiade sains naik jadi Rp 1 miliar

Sekitar 250 mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se-jabodetabek hari ini Senin (03/11) mengikuti pembukaan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSN-PTI) 2008 yang bertempat di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok. Olimpiade ini memperebutkan hadiah senilai Rp 1 Miliar bagi para pemenangnya.

Rektor UI Prof Dr Gumilar Sumantri saat sambutan dalam acara tersebut mengatakan, "Hadiah yang tadinya Rp 135 juta ternyata ditingkatkan menjadi Rp 1 miliar lebih. Kita harapkan animo mahasiswa jadi meningkat,".

Acara pembukaan ini merupakan rangkaian panjang olimpiade yang digelar secara nasional dengan melibatkan 4.223 mahasiswa dari 38 PTN dan 21 PTS di Indonesia. Pembukaan ini serentak digelar di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Jabodetabek bertempat di Balai Sidang UI, Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Tahap awal adalah seleksi daerah yang akan dilakukan secara serentak di seluruh daerah. Para peserta yang lolos akan diikutsertakan dalam seleksi pusat yang digelar 5-9 Desember 2008. Untuk pengumuman pemenang akan diumumkan pada 10 Desember 2008.

Sumantri juga menjelaskan, "Para pemenang dari olimpiade sains nasional ini akan mewakili Indonesia di kompetisi serupa di tingkat internasional,".

Dalam olimpiade ini ada tiga bidang yang dilombakan, yaitu fisika, matematika dan kimia. Para pemenang dalam seleksi pusat akan menerima beasiswa dari pemerintah untuk melanjutkan kuliah S2 di perguruan tinggi manapun di dalam negeri. Sedangkan pemenang di tingkat internasional akan memperoleh beasiswa S2 di perguruan tinggi manapun di seluruh dunia.

3 komentar:

retno_6mahakam mengatakan...

haha walaupun hadiah olimpiade naik jadi 1 miliar, gue juga ga pernah ikut olimpiade.hehehe...
tapi bagus lah kalo naik jadi 1 miliar kan bisa buat motivasi...

hahahahahaha

Unknown mengatakan...

mau satu miliar kek, dua miliar kek, tetep aja otak gue ga nyampe untuk ikut begituan

Unknown mengatakan...

aduuh, olimpiade, sains pula. males deh gue..